Bagaimana cara mengelola reputasi Anda

Reputasi yang kuat sebagai wirausaha adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Mempelajari keterampilan ini adalah langkah yang sangat penting untuk berhasil. Jika Anda perlu bantuan untuk mengetahui cara mempertahankan reputasi perusahaan yang solid, baca artikel berikut. Berikut ini adalah tips berguna untuk manajemen reputasi di komunitas bisnis.

Untuk meningkatkan kehadiran online Anda, pertimbangkan media sosial. Situs web seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn membantu Anda membangun bisnis online dan offline. Untuk menggunakan media sosial secara efektif, informasi status harus dipublikasikan secara teratur. Ketika Anda mempublikasikan informasi melalui situs media sosial, gunakan kata kunci untuk memberikan pembaca Anda dengan informasi yang mereka butuhkan.

Jika Anda menggunakan media sosial, Anda harus dapat memantau keberhasilan setiap posting. Ada beberapa program online yang memungkinkan Anda untuk melacak sebutan bisnis Anda. Program-program ini juga memberi tahu Anda ketika pengguna membagikan kiriman Anda dengan teman dan keluarga mereka.

Cara terbaik untuk mengelola reputasi Anda adalah dengan memberikan layanan hebat kepada semua orang yang Anda hadapi. Ketika semua orang bahagia, mereka tidak mengatakan apa-apa selain hal-hal positif. Dari mulut ke mulut adalah iklan terkuat karena gratis dan tak terhentikan. Pastikan tidak ada yang pernah memiliki alasan untuk mengatakan sesuatu yang salah.

Jika Anda melakukan kesalahan, minta maaf dengan cepat. Banyak orang menyadari bahwa setiap orang adalah dan kesalahan terjadi. Jika Anda dapat memperbaiki kesalahan, lakukan dengan cepat dan perbaiki di situs web Anda atau di media sosial. Jika Anda tidak dapat memperbaiki kesalahan, maafkan diri Anda dan lanjutkan dengan bisnis Anda.


Ketika orang meluangkan waktu untuk mengatakan sesuatu tentang bisnis Anda, penting bahwa Anda cukup sopan untuk merespons. Meskipun Anda bisa menjadi orang yang sangat sibuk, tunjukkan audiens Anda bahwa Anda benar-benar peduli dengan mereka dan apa yang mereka katakan. Ini sangat penting jika Anda ingin mempertahankan basis pelanggan yang solid.

Sebelum pemasaran, pastikan pelanggan Anda mengetahui target audiens mereka. Dengan cara ini, Anda dapat memahami cara menyambungkannya. Nada, konten, dan gaya harus bervariasi tergantung pada jenis orang yang ingin Anda hubungi.

Selalu akui, jika Anda membuat kesalahan, jangan mencoba menyembunyikannya. Tidak masuk akal untuk menipu basis pelanggan Anda. Akui kesalahan Anda, permisi, dan lanjutkan. Pelanggan akan sering memaafkan Anda. Seringkali, sesuatu yang lebih perlu disediakan untuk kesalahan tersebut.

Tanggapi keluhan dan keraguan sesegera mungkin. Semakin cepat Anda memecahkan masalah, semakin sedikit masalah yang ada. Jika Anda menunggu pelanggan untuk mengeluh tentang Internet, mungkin sudah terlambat. Tunjukkan kepada pelanggan Anda betapa pentingnya bagi mereka untuk kembali.

Coba hubungi pelanggan Anda segera setelah pembelian. Ini membuat mereka lebih cenderung mengungkapkan kekhawatiran kepada Anda daripada membaginya di Internet. Anda dapat menggunakannya sebagai kesempatan untuk menyelesaikan masalah sebelum keluar dari tangan.

Jika pelanggan memberi Anda peringkat negatif, jangan tinggalkan argumen balasan negatif. Ini hanya akan membuat Anda terlihat sombong dan sulit dimengerti. Meskipun Anda harus memperlakukan bagian dari ulasan yang tidak benar, Anda harus melakukannya dengan cara yang tidak agresif.

Setelah membaca artikel di atas, Anda dapat membangun reputasi di dunia bisnis. Jangan pernah biarkan reputasi Anda memburuk, pikirkan tips ini dan gunakan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Ingat bahwa reputasi Anda adalah segalanya dan ini akan membantu Anda menjadi sangat sukses dalam bisnis.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>